Sudah 3 Kali Karhutla, Polsek BUR Maksimalkan Babinkamtibmas

Agustus 25, 2019
0   460 views 0
Ipda Singgih

Ipda Singgih Wirastho (Foto: Istimewa/PROGRES.ID)

REJANG LEBONG, PROGRES.ID – Polsek Bermani Ulu Raya (BUR) Polres Rejang Lebong memaksimalkan peran Babinkamtibmas di wilayah hukum BUR. Langkah ini dilakukan guna mencegah kebakaran hutan dan lahan (Karhutla). Demikian diungkapkan Kapolsek BUR, Ipda Singgih Wirastho beberapa waktu lalu.

“Guna mengantisipasi karhutla, kami memaksimalkan peran Babinkamtibmas di wilayah Bermani Ulu. Babinkamtibmas ini menyosialisasikan dan bersinergi dengan masyarakat agar menjaga kawasan hutan dan lahan masing-masing. Untuk kebersihan lahan perkebunan, Babinkamtibmas juga menyosialisasikan agar tidak dengan cara membakar, selain bisa dipidana juga tidak baik bagi lingkungan,” ungkap Singgih.

Ia mengakui, telah 3 kali terjadi karhutla di wilayah BUR. Ia berharap, kejadian serupa tidak terulang lagi.

“Sudah 3 kali terjadi Kahutla, pertama di hutan TNKS Talang Merasi, kebakaran baru di Kecamatan Bermani Ulu Raya, seluas 1 Hektare. Kedua hutan TNKS di PAL VIII Kecamatan Bermani Ulur Raya, kurang lebih 1/2 hektare, ada sekitar 78 pohon pinus yang terbakar. Selanjutnya ada kebakaran lahan lapangan seluas kurang lebih 1 hektar,” bebernya.

Menurut Singgih, untuk mendukung program nasional dan program Kapolri dalam pencegahan Karhutla, Polsek Bermani Ulu juga akan melakukan patroli secara berkala.

“Kami sangat mendukung program Kapolri terkaitpencegahan karhutla, karena di wilayah hukum Bermani Ulu Raya ini terdapat hutan TNKS,” tuturnya.

“Selain memaksimalkan peran Babinkamtibmas, kami juga akan menggiatkan patroli,” ia menambahkan.(red/koe)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *