Longsor, Akses Jalan Sindang Dataran Lumpuh

Maret 8, 2019
0   184 views 0
Relawan longsor

Relawan Tangguh Bencana BPBD dan warga gotong royong membersihkan lonsoran (Foto: Hasan Basri/PROGRES RL)

PROGRES.ID, REJANG LEBONG – Akses lalu lintas di jalan provinsi menuju Kecamatan Sindang Dataran Kebupaten Rejang Lebong Provinsi Bengkulu lumpuh total akibat dihantam tanah longsor, Jumat (08/03/2019) sekitar pukul 09.30 WIB.

Longsor menutupi jalan sepanjang 20 meter dengan ketingian tanah longsoran mencapai 30 hingga 40 sentimeter.
Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Rejang Lebong, Basuki mengatakan lonsor yang terjadi di Desa Sindang Jati Kecamatan Sindang Kelingi ini sudah empat kali terjadi dalam sepekan terakhir.

“Longsor di Sindang Jati ini adalah yang ke empat kalinya dalam sepekan ini,” ungkap Basuki.

Basuki mengeluhkan tidak adanya alat berat untuk menangani longsor ini. Ia berujar, alat berat yang ada sedang dalam keadaan rusak.

Longsor

Tanah longsor yang memutus akses lalu lintas di Kecamatan Sindang Kelingi (Foto: Hasan BAsri/PROGRES RL)

“Untuk membuka akses jalan, hari ini (Jumat, 08/03/2019) kita terkendala alat berat tidak bisa digunakan karena rusak. Tapi kami tetap berupaya untuk mencari alat berat lainnya,” ujar Basuki.

Dari pantauan jurnalis di lapangan, warga bersama Relawan Tangguh Bencana BPBD bergotong-royong membersihkan tanah longsoran. Setidaknya, upaya itu berhasil paling tidak dapat membuka jalan bagi kendaraan roda dua.

“Khusus untuk kendaraan roda empat terpaksa harus berbalik arah atau memutar melalui jalan lintas Kepahiang-Bengko Sindang Dataran. Kalau roda dua sudah bisa lewat,” Kata Ahmad, warga Desa Air Rusa.(asb)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *