Puluhan Rumah dan Sawah di Rejang Lebong Terendam Banjir

Oktober 25, 2018
0   148 views 0
banjir curup

Luapan Sungai Air Dukuh membuat sejumlah kawasan di RL terendam banjir (Foto: Hasan Basri/PROGRES RL)

PROGRES.ID, REJANG LEBONG – Luapan Air Duku kembali melanda Kelurahan Dusun Curup kecamatan Curup Utara dan kelurahan Jalan Baru Kecamatan Curup Kabupaten Rejang Lebong Provinsi Bengkulu.

Akibat laupan Air Duku ini, puluhan rumah penduduk tergenang hingga melebihi lutut kaki.

“Air mulai meluap sekitar pukul 07.30 hari Jumat (26/10/2018) dan mulai surut sekitar jam 12.30,” kata warga RW 1, RT 1 Kelurahan Dusun Curup Sumiati (54 Tahun).

Diterangkannya, untuk rumah yang terendam banjir di lingkungannya ada sekitar 5 rumah termasuk bangunan PAUD Restu Ibu yang dipimpinnya.

Selain di lingkungannya, paling banyak rumah penduduk terendam banjir di Kelurahan Jalan Baru. Bahkan puluhan hektar sawah juga ikut terendam dan terancam gagal panen.

Banjir sawah

Puluhan hektare sawah di RL terendam banjir (Foto: Hasan Basri/PROGRES RL)

“Kami warga di sini sudah capek mengeluh dengan pemerintah, setiap tahun paling tidak tiga kali rumah penduduk dihantam oleh luapan air. Kami bukan butuh bantuan berupa supermi dan pakaian, tapi kami membutuhkan bantuan bagaimana cara mengatasi agar rumah kami tidak lagi terendam bajir,” keluh Sumiati kesal.

Pelaksana tugas Lurah Kelurahan Dusun Curup, Budi Pratama (39 Tahun) mengatakan. Saat ini pihaknya belum bisa berbuat apa-apa. Namun ia mengatakan pemerintah tetap memantau perkembangan di lapangan dan melaporkan ke OPD terkait.

“Kita mengakui bahwa daerah ini kerap terjadi banjir hal ini disebabkan saluran air sudah mendangkal dan menyempit. Upayanya harus dikeruk dan dipasang bronjong namun sampai saat ini dari pihak terkait belum ada tanda-tanda akan diperbaiki,” kata Budi.(asb)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *