Hujan Seharian, Puluhan Rumah di Curup Terendam Banjir

Agustus 31, 2018
0   141 views 0

PROGRES.ID, REJANG LEBONG – Hujan seharian yang mengguyur Kabupaten Rejang Lebong Provinsi Bengkulu, Jumat (31/8/2018) membuat Sungai Air Duku meluap. Akibat luapan air sungaitersebut puluhan rumah di RT III RW II Kelurahan Jalan Baru Kecamatan Curup terendam banjir.

Meskipun dilanda banjir, namun warga masih tetap bertahan di rumah sambil tetap berjaga-jaga. Tidak hanya rumah penduduk akses jalan lintas Curup-Lebong menjadi macet karena luapan air hingga mencapai ketingian 40 centimeter.

Salah seorang warga mengatakan, sungai mulai meluap hingga merendam rumah warga setelah usai sholat Jumat sekira pukul 13.00 WIB.

“Air mulai meluap sekitar pukul 13.00 WIB setelah sholat Jumat,” kata Abeng (36 Tahun).

Dikatakan Abeng, wilyahnya itu menjadi langganan banjir bila curah hujan cukup tinggi. Banjir terjadi akibat pendangkalan dan penyempitan arus sungai, sehingga setiap kali hujan air sungai akan meluap dan menggenangi rumah warga.

Hal senada diungkapkan warga Gang H. Amin, Gugun (40 Tahun). Ia mengatakan kejadian ini sudah sering terjadi, hampir setiap tahun kala musim hujan.

“Ada sekitar 20 rumah yang menjadi langganan banjir mulai dari belakang hingga ke pinggir jalan raya,” ungkap Gugun.

Banjir Curup

Hujan yang mengguyur Kota Curup seharian membuat sejumlah titik di kota ini tergenang banjir (Foto: Hasan Basri/PROGRES RL)

Meskipun menjadi langganan banjir, Gugun mengatakan belum ada perhatian dari pemerintah setempat. Dia meminta kepada pemerintah segera melakukan pengerukan pada alur sungai air duku yang berada di belakang rumah penduduk.

Pelaksana Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Rejang Lebong, Basuki mengatakan saat ini pihaknya hanya melakukan pemantauan di lokasi dan mengingatkan masyarakat supaya tetap waspada.

“Pengalaman tahun lalu tidak beberapa lama airnya akan surut dan belum perlu mendirikan tenda darurat,” ujar Basuki yang menerangkan juga jika BPBD RL  akan berkoordinasi dengan Dinas PUPR dan Bupati Rejang Lebong terkait harapan warga setempat.(asb)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *