Hujan Deras Picu Longsor, Rumah Warga Desa Apur Ini Nyaris Ambruk

Desember 6, 2018
0   102 views 0
longsor

Rumah yang terdampak longsor di Desa Apur

PROGRES.ID, REJANG LEBONG – Akibat hujan deras pada Rabu (5/12/2018) mengakibatkan satu unit rumah milik warga Desa Apur Kecamatan Sindang Beliti Ilir (SBI) Kabupaten Rejang Lebong, Provinsi Bengkulu nyaris ambruk dihantam tanah longsor.

Rumah milik Matnui (52 Tahun) mengalami kerusakan cukup parah akibat longsor, diantaranya dinding dan lantai rumah rusak, demikian juga teras bagian depan.

“Kejadian yang nyaris merenggut nyawa keluarga, Matnui ini pada Rabu malam sekitar pukul 20.00 WIB,” terang Kepala Desa Apur Hasan Zaini.

Dikatakannya, rumah korban, Matnui itu memang rawan terjadi longsor karena berada di tanjakan dan tikungan jalan.

Pendataan longsor

Kepala Desa Apur dan Kasat Pol PP serta staf BPBD Rejang lebong saat melakukan pendataan (Foto: Hasan Basri/PROGRES RL)

“Tidak hanya rumah korban Matnui saja, tapi masih ada sekitar 10 rumah yang ada di sekitar itu,” ujar Hasan Zaini seraya mengimbau kepada warga supaya berhati- hati dan waspada terutama pada waktu hujan turun.

Sementara itu, Kepala Satpol PP Rejang Lebong, Rahman Yuzir bersama staf BPBD Rejang Lebong langsung turun ke TKP setelah mendapat laporan dari warga setempat.

“Ya, setelah mendapat laporan dari warga, kita sampaikan ke bupati. Atas perintahnya kami bersama BPBD langsung turun untuk melihat kondisi di lapangan sekaligus melakukan pendataan pascabencana,” kata Rahman Yuzir, Kamis malam (6/12/2018).

Karena tingginya intentsitas curah hujan di daerah Apur masih cukup tinggi, lanjutnya, korban longsor saat ini terpaksa mengungsi di rumah keluarganya.

Korban, Matnui berharap agar musibah yang menimpanya ini mendapat perhatian pemerintah setempat. Paling tidak kedepan ada pemasangan pelapis tebing.(asb)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *