Dinkes RL: Agustus 2018 Imunisasi MR Serentak Dilaksanakan

Mei 19, 2018
0   158 views 0

PROGRES.ID, REJANG LEBONG– Dinas kesehatan Kabupaten Rejang Lebong Provinsi Bengkulu akan menggencarkan Kampanye Imunisasi Measles Rubella (MR) guna memutus rantai penyakit Campak dan Rubella.

Sekretaris Dinas Kesehatan Rejang Lebong Syamsir mengatakan penyakit campak dan Rubella adalah penyakit infeksi menular melalui saluran napas yang disebabkan oleh virus.

” Jadi anak dan orang dewasa yang belum pernah mendapat imunisasi Campak dan Rubella atau yang belum pernah mengalami penyakit ini, memiliki resiko tertular bahkan bisa menimbulkan kecacatan, salah satunya  menyebabkan cacat otak,” kata Syamsir Sabtu (19/5/18) kepada jurnalis Progres.id.

Gejala penyakit Campak lanjut Syamsir adalah demam tinggi, bercak kemerahan pada kulit disertai dengan batuk pilek dan merah (konjungtivitas). Sedangkan penyakit Rubella tidak spesifik bahkan bisa tanpa gejala.

 

” Gejala umum berupa demam ringan, pusing, pilek, mata merah, dan nyeri pada persendian. Mirip gejala Flu,” terangnya.

Sasaran imunisasi MR adalah anak usia 9 bulan sampai dengan 15 tahun. Imunisasi secara serentak akan dilaksanakan pada bulan Agustus 2018 di sekolah- sekolah  mulai dari PAUD, TK, SD dan SMP. Selanjutnya  imunisasi MR masuk dalam jadwal rutin pada bulan September 2018 pada Fasilitas Pelayanan Kesehatan (Fayankes) seperti Posyandu, Polindes, Puskesdes, Puskesmas dan Puskesmas pembantu.

Guna mendukung kegiatan ini pihak  Dinas Kesehatan Rejang Lebong  sudah menyurati pihak- pihak terkait sebagai bentuk sosialisasi.

” Lindungi buah hati anda dari bahaya penyakit Campak dan Rubella. Bawalah anak- anak anda untuk di Imunisasi. Ingat Campak dan Rubella dapat menyebabkan cacat dan kematian,” imbau Syamsir (asb/promoted)

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *