Beroperasi di Zona Terlarang, Polres RL Ancam Tindak Tegas Penambang Galian C

Oktober 10, 2018
Komentar Dinonaktifkan pada Beroperasi di Zona Terlarang, Polres RL Ancam Tindak Tegas Penambang Galian C   100 views 0
Kapolres Ordiva

Kapolres RL AKBP Ordiva saat diwawancarai sejumlah jurnalis (Foto: Hasan Basri/PROGRES RL)

PROGRES.ID, REJANG LEBONG – Kepolisian Resort Rejang Lebong (Polres RL) akan menindak tegas jika masih ada tambang galian C yang beroperasi di zona terlarang dan tidak memiliki izin.

“Akan kita tindak jika masih ada oknum warga melakukan penambangan di zona kawasan yang dilarang oleh pemerintah daerah dan tidak memiliki izin penambangan yang dikeluarkan oleh Pemerintah Provinsi Bengkulu,” tegas Kapolres Rejang Lebong, AKBP Ordiva kepada jurnalis, Rabu (10/10/2018) usai menghadiri penyerahan handtractor di Dinas Pertanian Rejang Lebong.

Diakui Ordiva, anggotanya saat ini tengah menangani kasus dugaan penambangan ilegal di kawasan Talang Benih Curup.

“Anggota kita sedang melakukan pemeriksaan terhadap seorang tersangka yang diduga melakukan penambangan ilegal di kawasan Talang Benih dengan barang bukti satu unit truk yang bermuatan pasir,” ungkap Ordiva.

Polres RL, lanjutnya, tidak akan tebang pilih. Siapapun yang melanggar aturan akan ditindak. “Kita tindak siapa pun pelakunya,” ujar Ordiva.

Sementara itu, Kasi Pengusahaan Non Logam dan Batuan, Dinas Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Provinsi Bengkulu, Didi Susanto mengatakan, Dinas ESDM Pemprov Bengkulu sengaja datang ke lokasi menidaklanjuti laporan dugaan tambang ilegal di kawasan Talang Benih Curup.

“Setelah kita cek ke lapangan ternyata memang ada dugaan tambang yang tidak berizin di kawasan itu. Hanya saja pada waktu di lapangan tambang yang diduga tidak berizin itu tidak sedang melakukan aktifitas. Intinya pihak ESDM akan mengeluarkan izin setelah ada rekomendasi dari pemerintah daerah setempat,” tegas Didi Susanto.(asb)